Kandungan Pupuk NPK 15-15-15

Pupuk adalah suatu zat (material) yang ditambahkan dalam proses pertumbuhan tanaman dan berfungsi menyediakan unsur hara atau nutrient bagi tanaman. Unsur hara bagi tanaman adalah makanan atau nutrient, sehingga unsur hara sangat diperlukan dalam proses tumbuh dan berkembangnya tanaman.

Secara kandungan pupuk NPK adalah pupuk majemuk yang mengandung unsur hara makro dan trace element apabila diperlukan. Pupuk NPK yang lazim digunakan untuk banyak tanaman adalah NPK 15-15-15 artinya secara spesifikasi pupuk tersebut bisa dipakai untuk banyak macam tanaman. 


Pupuk NPK 15-15-15 yang dimaksud adalah Pupuk tersebut mengandung Nitrogen 15%, Phosfor 15%, Kalium 15%, dan sisanya adalah unsur hara makro lainnya dan sedikit unsur hara mikro atau Trace Element (TE).

Pupuk NPK 15-15-15 banyak dijumpai di toko-toko pertanian, dapat diaplikasikan pada banyak macam jenis tanaman seperti misalnya tanaman padi, umbi-umbian, sayuran, tanaman tebu dan tanaman keras lain, kecuali tanaman kelapa Sawit. Pupuk ini lebih dikenal dengan spesifikasi sebagai berikut : Kandungan N 15%, P2O5 15%, K 15%, dan S 10% berbentuk granule diameter <5mm dengan warna merah tua atau hijau kebiruan, biasa dikemas dalam karung 50 Kg atau 25 Kg.

Pupuk NPK tidak saja berkandungan 15-15-15 seperti yang disebut diatas tetapi ada pupuk NPK lain yang kandungan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman, seperti NPK 18-9-7 yang biasa digunakan khusus untuk tanaman kelapa sawit.