Peralatan Untuk Memproduksi Pupuk NPK

Chrusser : alat yang digunakan untuk menghancurkan bahan yang serupa bongkahan atau bahan yang berbentuk batuan. Menurut jenis dan fungsinya chrusser ada beberapa jenis diantaranya adalah Rock Chrusser, ini lazim digunakan untuk penghancur bahan bahan yang keras cenderung membatu, seperti Rock Phospate dan Dolomite. 

Mixer : dari namanya alat ini sudah bisa dipastikan bahwa alat tersebut berfungsi sebagai pencampur bahan bahan yang sudah ditentukan dengan formulasi tertentu. Fungsi utama alat ini adalah membuat campuran menjadi homogen. Dalam kondisi tertentu alat ini bisa digantikan dengan fungsi manual yaitu dengan cara material yang sudah diaduk secara manual oleh pekerja seperti lazimnya mengaduk agregat luluh bangunan dengan syarat adukan tetap homogen.
 
Granulator : alat ini berfungsi membentuk campuran bahan yang homogen menjadi bentuj granule. Alat tersebut diatas ada beberapa jenis dianataranya adalah : Pan Granulator, alat ini berbentuk tampah raksasa dipasang dengan derajat kemiringan serta putaran dengan rpm tertentu supaya mendapatkan hasil yang optimal. Pan granulator ini lazim digunakan oleh banyak industri kecil pupuk. Granulator yang lain adalah disebut Drum Granulator, alat ini berbentuk seperti drum yang berputar dengan rpm tertentu supaya dihasilkan produk yang optimal.
 
Rotary Dryer : berfungsi untuk mengurangi kadar air dari produk yang dihasilkan oleh granulator. Sumber panas dari dryer ini bisa dari batu bara, minyak industri, atau oli bekas. Pada kondisi tertentu fungsi dryer ini banyak digantikan oleh panas matahari, hanya pengeringan dengan menggunakan tenaga surya ini sangat bergantung pada musim serta iklim daerah tersebut.
 
Screen : alat ini mempunyai fungsi sebagai penentu produk yang on size yang lazim ukuran butiran granule adalah berdiameter <5mm, yang tidak lolos dalam proses screening akan diolah kembali (proses ulang). Dari cara kerja screen dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu, Vibrator Screen yang bekerja dengan sistem getar, dan Rotary Screen yang bekerja secara berputar alat ini biasanya terpasang menjadi satu unit dengan Rotary Dryer.
 
Rotary Cooler : sebagai alat yang berfugsi sebagai pendingin dari produk yang keluar dari dryer, adanya alat ini dimaksudkan agar produk yang keluar dari dryer yang masih panas dapat langsung dingin dan dapat langsung dikemas. Apabila dalam satu rangkaian proses produksi pupuk ada alat rotary cooler, maka rotary screen terpasang menjadi satu unit dalam system rotary cooler.
 
Water Scrubber : adalah alat yang berfungsi untuk menampung debu atau materian under size dari proses produksi sekaligus berfungsi untuk mereduksi terjadinya pencemaran lingkungan akibat adanya debu yang dihasilkan oleh proses produksi pupuk. alat ini terangkai dengan bak yang berisi air dan disinilah muara dari debu hasil proses dan polutan lain yang bisa terjaring oleh kerja system water scrubber ini.
 
Packaging : biasanya packing dari produk pupuk ini terbuat dari karung plastik, yang lazim adalah kemasan 50 Kg dan 20 Kg yang dijahit dengan menggunakan mesin jahit khusus, untuk selanjutnya dipasarkan.